Entri Populer

Senin, 17 Januari 2011

Cara Membuat Alat Penguji Elektrolit

Habis praktek buat alat penguji elektrolit nich. Tapi gak susah kok caranya...
Tinggal ikutin aja langkah-langkah n siapin alat dan bahannya..

Alat:
1. Baterai 2/4 biji
2. Kabel 1m sebanyak dua buah
3. Elektroda 2 buah
4. Tempat Baterai
5. Papan kecil
6. Lampu kecil kurang dari 6 volt
7. Saklar (bila perlu)
Cara Membuat:
1. lilitkan kedua ujung kabel pada ujung lampu
2. ujung kabel satunya di lilitkan pada ujung baterai yang di susun seri/ di susun paralel dengan menggunakan tempat baterai.
3. kupas sedikit kulit kabel, lalu lilitkan pada kedua kutub positif elektroda
4. susun rangkaian tersebut di atas papan dsb

Cara Kerja:
nah,.. setelah rangkaian tersebut jadi, kita bisa menguji sebuah larutan. caranya dengan mencelupka ujung elektroda pada larutan. misalnya pada larutan garam, bila alat yang dibuat benar, maka lampu akan menyala terang dan akan terjadi gelembung. dan pada larytan gula, lampu tidak menyala atau redup dan tidak terjadi gelembung.





4 komentar:

  1. mau tanya nih,kok alat yang saya buat lampunya tidak menyala saat elektroda dicelupkan ke air garam,padahal sudah saya susun & pd elektroda-nya juga terdapat gelembung, apakah ada kesalahan pd perakitan alatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya untuk menguji larutan elektrolit tidak harus menandakan lampunya menyala atau tidak, tetapi jika di sekitar elektroda terdapat gelembung itu sudah menandakan bahwa larutan itu elektrolit, tetapi bersifat lemah

      Hapus
    2. Setau saya untuk menguji larutan elektrolit tidak harus menandakan lampunya menyala atau tidak, tetapi jika di sekitar elektroda terdapat gelembung itu sudah menandakan bahwa larutan itu elektrolit, tetapi bersifat lemah

      Hapus